Aturan Baru Motogp , Lollipop Man Bakal dihadirkan di Pit

ianone jatuh dipit

Dayakuda  Hallo Brosis sekalian .. Situasi di Pit MotoGp  saat balap flag to flag motogp memang berbahaya  , pada balap flag to flag para pembalap beramai ramai masuk ke pit untuk mengganti motor . Hal ini tentu berbahaya bagi petugas Pit Tim maupun pembalapnya sendiri . Setelah peraturan di Pit yang membatasi petugas ganti motor hanya 4 orang dengan menggunakan helm . Demi keselamatan pembalap mulai GP Silverstone27 Agustus 2017 besok  , akan ada peraturan baru yaitu hadirnya lollipop man di Pit untuk mengatur masuk dan keluarnya pembalap saat mereka hendak mengganti Motor .

Kondisi pitstop motogp memang berbahaya saat flag to flag , semua kru tim sibuk dengan pembalapnya yang berebut masuk ke pit . Dibutuhkan seseorang lollipopman dari tim untuk memandu keluar masuknya pembalap ke pit untuk berganti motor .

Jatuhnya pembalap Suzuki Andrea Ianone saat hendak berganti motor dipitstop  saat race Brno , itu juga karena semrawutnya  situasi  flag to flag , saat itu Ianone yang akan masuk Pit hampir bertabrakan dengan Aleix Espargaro yang akan kembali ke jalur pitstop . Meski kecepatan melintas di Pitstop sudah dibatasi , tapi Ianone  tetap dlosor karena jalurnya basah .. Nah disini untuk meminimalisir insiden yang menimpa para pembalap tersebut, Direktur Balap MotoGP, Mike Webb, telah  memutuskan untuk menggunakan ‘lollipop man’ di setiap pitmasing-masing pembalap.

Penggunaan ‘lollipop man’ ini sama seperti dengan yang digunakan masing-masing tim dalam balapan Formula One (F1). Nantinya, ‘lollipop man’ akan memiliki tugas untuk memberikan palang kepada para pembalap ketika memasuki pit agar tidak bertabrakan dengan pembalap lainnya.

“Kami melakukan hal-hal yang kami tahu bisa kami lakukan tanpa menimbulkan masalah besar di tempat lain,” jelas Direktur Balap MotoGP, Mike Webb, seperti diberitakan Crash, Selasa (22/8/2017).

“Lebih sedikit orang di pit lane, orang yang berdedikasi ‘lollipop man’ untuk pelepasan motor dan semua pekerjaan pada motor yang dilakukan di dalam garasi. Itu merupakan langkah-langkah yang tidak menyakiti hal lain dan seharusnya membantu,” lanjut Webb.

“Tanda ‘lollipop’ di depan Anda; Anda tidak bisa pergi sampai mereka mengizinkannya dan tugasnya hanya untuk mencari motor yang akan datang (ke pit), tidak ada yang lain lagi. Dia (lollipop man) tidak memegang motor, tidak membuat ban menjadi lebih hangat, dia hanya memiliki satu tanggung jawab,”  pungkas Webb.

Formula 1 Grand Prix, Monaco, Race

 

Iklan

Tentang denipury

Belajar untuk menulis
Pos ini dipublikasikan di MotoGP. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s